KONTAK CENTER BNN  .    callcenter@bnn.go.id  .    184  .  SMS/Whatsapp   081-221-675-675  .  BBM   2BF297D7

Berita

Time Line @INFO BNN

Menangkal Serbuan Narkoba Lewat Operasi Bersama

Mari berbagi :    

Kondisi geografis Indonesia yang begitu luas dan banyaknya pulau-pulau disatu sisi menjadi anugerah yang luar biasa namun di sisi lain bisa menjadi mala petaka manakala kelemahan kondisi geografis tersebut dimanfaatkan untuk menyelundupkan narkoba atau barang ilegal lainnya masuk ke Indonesia.

Kalimantan Utara, menjadi salah satu jalur sutra yang sering disusupi bandar untuk  menyelundupkan narkoba. Karena itulah, operasi gabungan penting untuk dilaksanakan sebagai upaya pencegahan barang haram tersebut masuk ke wilayah Indonesia.  

Menyadari akan hal ini, BNN bersama dengan Bea dan Cukai kembali menguatkan sinerginya untuk melakukan langkah-langkah antisipasi dengan menggelar “Operasi Bersinar 2017”. 

Operasi kali ini dilakukan di Pulau Nunukan, Pulau Tarakan dan patroli laut di sepanjang perbatasan Indonesia dan Malaysia. Personel yang diterjunkan dalam operasi ini 96 orang, yang terdiri dari 50 personel BNN, dan 46 personel Bea Cukai, dan terbagi ke dalam tujuh tim. 

Tujuan operasi ini adalah untuk mencegah barang-barang kepabeanan masuk secara illegal, termasuk narkotika dan precursor narkotika. Oleh karena itulah, tim melakukan upaya penindakan, penangkapan, penggeledahan serta penyitaan barang agar tidak masuk ke Indonesia.

Ditemui di sela-sela kegiatan operasi, Direktur Tindak Kejar, Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Irwanto mengungkapkan sarana dan prasarana perlu dilengkapi karena hal ini menjadi salah satu kendala dalam rangka memutus peredaran narkoba, apalagi Kaltara memiliki garis pantai yang cukup panjang dan pelabuhan tikus yang sangat banyak. 

“Dengan operasi bersama, BNN sangat terbantu dengan sarpras yang dimiliki Bea Cukai terutama dalam hal mencari data dan informasi dalam mencegah masuknya narkoba”, ujar Irwanto, Senin (10/4). 

Sementara itu, Kepala BNNP Kaltara, Raja Haryono mengungkapkan, wilayah Kaltara berbatasan langsung dengan  Tawau, Malaysia yang faktanya sangat rawan sehingga perlu sinergitas antara BNNP Kaltara dan Bea Cukai. Diharapkan, operasi bersama ini tidak kali ini saja namun berkelanjutan, khususnya BNNP Kaltara dan KPBC Tarakan. 

“Ke depannya BNNP tetap melakukan pencegahan baik sosialisasi bahaya narkoba dan penindakan dengan tegas dan terukur terhadap jaringan narkoba yang ada di wilayah ini karena kita sudah ada memiliki data pemetaan dari hasil ops ini”, imbuhnya. 

Senada dengan hal tersebut, Kepala Bea Cukai Tarakan, Sutikno menanggapi operasi ini dengan antusias. Ia mengatakan pihaknya mengungkap satu kasus penyelundupan dengan barang bukti 2 kg narkoba di Pelabuhan Malundung, yang selanjutnya dilaporkan ke BC pusat, selanjutnya kasus tersebut dikembangkan BNN. 

“Oleh karena itu kegiatan operasi ini dilaksanakan guna melanjutkan pengembangan kasus yang lebih besar lagi dan sebagai pemetaan jalur masuk narkoba ke Indonesia”, imbuhnya. 

Dari kegiatan operasi ini, ada sejumlah point penting untuk menjadi atensi BNN dan Bea Cukai antara lain : 

1.         Kegiatan pemeriksaan penumpang dan sarana pengangkut dengan prioritas untuk kawasan Nunukan, yaitu kedatangan dari Tawau dan keberangkatan keluar dari wilayah Nunukan.  sementara itu untuk di Tarakan, di prioritas pemeriksaan barang dan penumpang yang datang dari Tawau dan Nunukan serta keberangkatan menuju wilayah Balikpapan, Samarinda, dan juga ke wilayah Sulawesi. 

2.         Pemeriksaan sarana pengangkut dengan random sampling yang datang dari luar negeri (Malaysia) harus terus dilakukan

3.         Pemeriksaan di wilayah tambak laut, Pelabuhan, Bandar Udara

4.         Profiling wilayah perbatasan serta pemetaan wilayah rawan

Hal yang tak kalah penting tentu saja sinergi antara BNN dan Bea Cukai harus dikuatkan guna menangkal ancaman peredaran narkoba.

B/BRP-25/IV/2017/Humas

    


  Ikuti Kami di Sosial Media

Kami berupaya untuk membuka kanal Sosial Media sebanyak mungkin agar selalu terhubung dengan Anda.

  Kontak Kami
  Alamat

Jl. MT. Haryono No. 11
Cawang, Jakarta Timur

Phone : 184
Mail : callcenter@bnn.go.id