KONTAK CENTER BNN  .    callcenter@bnn.go.id  .    184  .  SMS/Whatsapp   081-221-675-675  .  BBM   2BF297D7

Berita

Time Line @INFO BNN

Gencar Lakukan Tes Urine, Untuk Tekan Angka Penyalahgunaan Narkoba di Tegal

Mari berbagi :    

Tegal (8/3) - Dalam rangka menciptakan aparatur sipil negara (ASN) yang berdedikasi, berintegritas dan bersih dari Penyalahgunaan Narkoba, BNN Kota Tegal menggelar tes urin kepada 116 ASN lembaga/instansi vertikal maupun daerah.

Kepala BNN Kota Tegal, M. Jaka Eka Syaifi,SE mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk komitmen bersama. Ia juga menjelaskan bahwa hasil penelitian BNN tahun 2014, lebih dari 50%  penyalah guna narkoba berasal dari kalangan pekerja.  “Pastinya kalau tidak segera dikendalikan besar kemungkinan prosentasenya akan semakin meningkat”, papar M.Jaka.

Kepala BNNK juga menyebutkan bahwa serangkaian kegiatan tes urin telah dilaksanakan pada rentang waktu bulan Januari hingga awal Maret 2017. Tes urine pertama dilakukan kepada ASN Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) sebanyak 30 orang (26/1), selanjutnya 68 ASN Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tegal, (31/1) dan sisanya terdiri dari beberapa perwakilan instansi / lembaga vertikal maupun daerah pada saat mengikuti kegiatan Pengembangan Kapasitas Masyarakat Anti Narkoba di Instansi Pemerintah yang selenggarakan oleh sie P2M BNN Kota Tegal, (2/3).   

Disela-sela rutinitas pekerjaanya sembari menunggu masa transisi jabatan darinya kepada kepala BNN Kota Tegal yang baru, Jaka menyebutkan upaya P4GN harus makin gencar.

“Ke depan dengan dipimpin kepala yang baru, saya berharap upaya P4GN semakin gencar, walaupun apa yang sudah dilakukan sekarang dengan keterbatasan personil yang ada dinilai sudah dilaksanakan semaksimal mungkin”, kata Jaka.

Keberhasilan pemerintah dalam upaya untuk menanggulangi permasalahan narkoba, dalam hal ini BNN RI yang ditunjuk sebagai leading sector tentunya tidak akan bisa maksimal tanpa adanya peran serta dari seluruh komponen bangsa.

Lembaga/ intansi maupun kelompok masyarakat seyogyanya bisa aktif berpartisipasi dalam melaksanakan upaya P4GN melalui kebijakan dan program yang ada pada lembaga/ instansinya melalui beberapa metode, baik dalam bentuk sosialisasi, tes urin maupun pembentukan kader.

Seperti halnya apa yang sudah dilakukan oleh KPP Pratama Tegal, melalui program in house trainning, BNN Kota Tegal diberi kesempatan untuk memberikan materi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba disusul dengan tes urine bagi seluruh pegawai. Program, anggaran dan kegiatan dilakukan secara mandiri. Hal tersebut yang nantinya dijadikan sebagai tolok ukur keberhasilan tingkat kemandirian partsipasi dalam upaya P4GN.

“Semoga kedepan semakin banyak yang peduli dan berpartispasi aktif dalam upaya P4GN”, pungkas Jaka kepada Humas BNN RI melalui surat elektroniknya. (Haris/BNNK Tegal).

B/BRD-77/III/2017/Humas

    


  Ikuti Kami di Sosial Media

Kami berupaya untuk membuka kanal Sosial Media sebanyak mungkin agar selalu terhubung dengan Anda.

  Kontak Kami
  Alamat

Jl. MT. Haryono No. 11
Cawang, Jakarta Timur

Phone : 184
Mail : callcenter@bnn.go.id