KONTAK CENTER BNN  .    callcenter@bnn.go.id  .    (021) 80880011  .  SMS/Whatsapp   081-221-675-675  .  BBM   2BF297D7

Artikel

Time Line @INFO BNN

BNN Bekali Pelajar SMP Istiqomah Sambas Dengan Isu Narkoba

Mari berbagi :    

Pelajar sejatinya adalah asset bangsa luar biasa yang harus diproteksi dini dari ancaman narkoba. Menyadari hal ini, BNNK Purbalingga bersinergi dengan Kepala SMP Istiqomah untuk menggelas sebuah kegiatan environtmental learning berupa diskusi tentang narkoba baru-baru ini.

Kegiatan ini digelar di Pendopo Dipokusumo Kabupaten Purbalingga. Dalam kesempatan ini, Awan Pratama, seorang konselor rehabilitasi di BNNK Purbalingga mengajak para pelajar untuk berbicara masalah narkoba dengan cara yang lebih interaktif.

 “Apa yang kalian ketahui tentang BNN?” tanya Awan kepada puluhan pelajar yang datang dalam kegiatan tersebut,  

Seketika suasana menjadi gaduh, karena ratusan siswa secara serentak berebut menjawab. “Badan Narkotika Nasional...”, “...yang brantas narkoba”

Hal ini menandakan bahwa BNN sudah familier di telinga siswa.

Lebih lanjut, Awan Pratama dalam paparannya menjelaskan bahwa “ada sekitar 5,9 juta orang yang terkena narkoba, ironisnya 1,7 juta diantaranya adalah pengguna baru (coba pakai). Bisa kalian bayangkan jika 1,7 juta orang itu adalah teman seusia kalian, apa yang akan terjadi di negeri ini?”

Awan memberikan arahan pada para pelajar agar selektif dalam memilih teman, dan harus pandai mengisi waktu luang kalian dengan hal-hal positif misal ikut organisasi seperti Gerakan Pramuka, PMR atau ekstrakulikuler lainnya. Setidaknya bisa menjadi benteng bagi para pelajar dari ancaman narkoba.

Dalam sesi tanya jawab, ada siswi yang menanyakan, “mengapa BNN tidak menutup pabrik rokok? Padahal rokok kan pintu masuk narkoba?”

Menjawab hal itu, Awan Pratama menyampaikan bahwa sesuai amanat dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 yang secara jelas menyebutkan kewenangan BNN adalah spesifik pada narkotika, selain tembakau dan alkohol. Artinya, untuk urusan rokok adalah kewenangan Kemenkes, Badan POM dan institusi terkait lainnya.

“Prinsipnya simpel, ayo kita kompak tidak merokok.”


  Ikuti Kami di Sosial Media

Kami berupaya untuk membuka kanal Sosial Media sebanyak mungkin agar selalu terhubung dengan Anda.

  Kontak Kami
  Alamat

Jl. MT. Haryono No. 11
Cawang, Jakarta Timur

Phone : (021) - 80871566 / 80871567
Mail : callcenter@bnn.go.id