CONTACT CENTER BNN  .    callcenter@bnn.go.id  .    184  .  SMS/Whatsapp   081-221-675-675  .  BBM   2BF297D7

Artikel

Time Line @INFO BNN

Membangun Kesadaran Mantan Penyalah Guna Narkoba Melalui Pendekatan Alam Di Rumah Dampingan Kuningan

Mari berbagi :    

Pasca rehabilitasi adalah perawatan lanjutan yang diberikan kepada pecandu narkoba setelah menjalani rehabilitasi. Pascarehabilitasi merupakan program yang integral dalam rangkaian perawatan ketergantungan narkoba. Program Pascarehabilitasi dapat dijalankan dengan beberapa pendekatan dan tingkat intensitas yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi dan kebutuhan residen. Sesuai dengan tujuan program Pascarehabilitasi yaitu reintegrasi sosial dan menjadikan klien manusia yang produktif, maka perlu diberikan pelatihan vocational kepada residen untuk menjadikan residen menjadi produktif dan berfungsi sosial.

Sejak tanggal 1 November 2013 Pemerintah Kabupaten Kuningan bekerjasama dengan Deputi Rehabilitasi BNN melaksanakan Program Pascarehabilitasi berupa Rumah Dampingan yang berlokasi di Blok Tenjo Laut Desa Babakan Mulya yang terdiri dari pelatihan-pelatihan vocational atau keterampilan bagi mantan pecandu berupa kegiatan vocational Peternakan Sapi, Peternakan Lebah, Tanaman Sayur-Sayuran dan Tanaman Obat. Melalui vocational rumah dampingan Kuningan  ini diharapkan mantan pecandu yang mengikuti program pasca rehabilitasi dapat hidup produktif, mandiri  dan berfungsi sosial.

Rumah Dampingan Kuningan bekerjasama dengan Komunitas Hijau dan Pecinta Alam kuningan dari berbagai usia melakukan kegiatan dalam rangka menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Komunitas Hijau dan Pecinta Alam yang terdiri dari 60 orang tersebut mendukung BNN dalam memberantas Narkoba. Dengan mendekatkan diri kepada alam dan lingkungan diharapkan mantan pecandu dapat meningkatkan kepercayaan diri dan potensi dirinya sehingga dapat mempertahankan pemulihan dari penggunaan narkoba.

Terkait dengan hal tersebut, kepala BNNK Kuningan Guruh Irawan Zulkarnaen mengenalkan Rumah Dampingan yang dapat berfungsi sebagai sarana bagi korban yang menjalankan program Pascarehabilitasi sebelum kembali kepada lingkungan sosialnya.

“Kami akan membuka komunikasi yang baik dengan Komunitas Hijau dan Pecinta Alam Kuningan”. BNN mendukung kegiatan komponen masyarakat dalam rangka P4GN dan bagi komunitas pecinta alam dipersilahkan melakukan kegiatan positif di Rumah Dampingan dan berharap agar lingkungan sekitar dapat terjaga kelestariannya,” tegasnya.

CP : dr. NUR  08128280197


  Ikuti Kami di Sosial Media

Kami berupaya untuk membuka kanal Sosial Media sebanyak mungkin agar selalu terhubung dengan Anda.

  Kontak Kami
  Alamat

Jl. MT. Haryono No. 11
Cawang, Jakarta Timur

Phone : (021) - 80871566 / 80871567
Mail : callcenter@bnn.go.id